Pendidikan Gratis ?

Ini merupakan sebuah Pertanyaan ataukah mungkin sebuah Impian bagi masyarakat Indonesia?

pada suatu hari, saya melihat sebuah stiker dengan selogan “Pendidikan Gratis Sampai Universitasa, Tuntut Sekarang Sebelum Terlambat!” pada sebuah kursi Bis umum di salah satu tempat rekreasi di Utara Jakarta. Setelah melihat itu, saya tertawa dalam hati dan berfikir, apakah mungkin bisa seperti itu? sementara di Negara ini untuk sekolah sampai tingkat SMA saja sangatlah sulit. Pendidikan Gratis yang harusnya diberikan bagi seluruh warga negara hanya menjadi Impian belaka.

Pendidikan Gratis dalam kebijakan pemerintah tidaklah sesuai dengan pangsa pasar Bursa Kerja yang mengharuskan pendidikan minimal SMA atau sederajat. sedangkan Masyarakat yang tidak mampu membayar biaya pendidikan hanya bisa bersekola gratis hingga bangku SMP, itupun Orang Tua harus mencari biaya untuk membeli buku, seragam, dan biaya transportasi sang Anak.

Saya, termasuk salah satu yang mungkin bisa dibilang beruntung dari orang lain, karena orang tua saya dapat membiayai pendidikan saya hingga bangku Universitas meskipun masih dalam taraf Diploma. Dan setelah itu, saya harus berjuang mencari pengganti biaya kemarin. karena menimbulkan beberapa tagihan di sana-sini. Sedih memang, tapi Inilah kehidupan, “Without Money, Whatever will be lost”.

Tapi kata Orang tua saya “Kami tidak mampu meninggalkan Harta yang cukup untuk kalian, kami hanya mampu memberikan pendidikan yang layak berupa pendidikan Dunia-Akhirat, agar kelak kau mampu menghadapi sulitnya tantangan dunia, dan mampu berfikir kritis sehingga dapat mensejahterakan diri sendiri dan juga orang di sekitarmu.”

One thought on “Pendidikan Gratis ?

Tinggalkan Balasan

