Antara Kebutuhan dan Keinginan (Need n’ Want)

Need n’ Want Merupakan dua kata yang sulit untuk dibedakan secara personal. Artinya, kedua kata ini merupakan perpaduan antara kebutuhan dan nafsu manusia. Seperti yang saya baca dari beberapa literatur bahwa kedua kata ini akan saling  memaksa untuk hadir dan meracuni fikiran manusia. Ketika pikiran terpaku pada kata “kebutuhan” maka akan selalu muncul pemikiran baru yang disebut dengan “keinginan”.

Seperti dalam contoh sederhana yang menjadi kebutuhan primer manusia yaitu makan. manusia membutuhkan makan untuk mengisi energi pendukung aktivitas sehari-hari. nah, diantara kebutuhan tersebut akan terselip sebuah keinginan citarasa makanan yang belum dirasakan oleh manusia itu. Maka Ia akan hunting makanan yang belum pernah dirasakan walaupun sebenarnya Ia masih memiliki persediaan makanan yang cukup di rumahnya.

Atau dalam kasus Handphone yang sekarang menjadi berita hangat. Berawal dari kebutuhan manusia untuk mempermudah komunikasi jarak jauh, maka seorang founder melakukan eksperiment, Ia mencari cara untuk dapat menciptakan alat komunikasi jarak jauh. Maka, setelah itu terciptalah Telephone dengan fungsi tunggal, yaitu untuk komunikasi jarak jauh. Seiring dengan berjalannya waktu, maka beberapa penemuan lanjutan muncul hingga tercipta V-ger dan kemudian Handphone untuk mendapatkan fleksibilitas berkomunikasi. dan setelah perkembangan Teknologi, Handphone pun memiliki fungsi ganda seperti, mendengarkan Radio/Musik, Merekam Suara, Merekam Gambar (vodeo & foto), Main Game, dan sebaga pusat informasi Mobile Internet. Itu semua merupakan kelanjutan dari sebuah kebutuhan dengan dibarengi keinginan manusia untuk mempermudah hidupnya. Namun juga dapat mengurangi kaidah manusia sebagai mahluk sosial (yang Jauh menjadi Dekat dan yang dekat menjadi jauh).

Ini Hanyalah sebuah pemikiran pribadi yang muncul setelah membaca buku dan membandingkannya dengan kehidupan.

“Fahamilah Hidupmu, memahami antara kebutuhan dan keinginan akan membuat hidupmu lebih terkontrol”

One thought on “Antara Kebutuhan dan Keinginan (Need n’ Want)

  1. Ping-balik: Antara Bisnis dan Inovasi « GOEMILAR|for Indonesian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s