BERHARAP PRODUK LOKAL

Pada posting kali ini, saya akan menceritakan pengalaman saya tentang produk dalam negeri.

Pada suatu ketika saya hendak mencarikan sepatu sepak bola untuk adik saya dalam perjalanan mudik melewati daerah produksi besar di kawasan Tangerang. Dalam perjalanan, saya menemukan beberapa retail perlengkapan olahraga kebetulan disana berjajar sepatu olahraga.

Saya tertarik pada salah satu produk yang katanya pabrik terbesar itu di Indonesia. NIKE, salah satu produk luar negeri yang diproduksi besar besaran di negeri ini. Ketika saya melihat-lihat produk tersebut, saya tertarik dengan type yang jadi type favorit di piala dunia 2010.

Setelah saya memilih, saya tanya pada pramuniaganya tentang detail dari produk tersebut dimulai dari harga hingga menyinggung asal produk.

Saya : mbak, ngomong-ngomong ini produk dari mana ya?
PN : itu impor mas
Saya : impor?dari mana ya mbak?
PN : dari Italy
Saya : tapi ini ory kan? *Original
PN : bukan mas, ini imitasi
Saya : ‘?’ imitasi? Bukannya pabriknya ada di Indonesia?
PN : ya, tapi itu di ekspor kebanyakan. Kami hanya menyediakan yang imitasi, karena produk asli 75% lebih mahal mas🙂
Saya : haduh! Huft yasudah bungkus aja yang itu,

Sebuah pengalaman yang miris ketika membayangkan bahwa produk terbaik negeri ini di ekspor untuk bangsa lain dan rakyat negeri ini diberikan produk impor yang kualitasnya dibawah produk sendiri.

Satu lagi, saya sampai sekarang masih memakai sepatu produksi Cibaduyut-Bandung yang saya beli semasa kuliah tepatnya ketika akan menghadapi Seminar Tugas Akhir yaitu pada awal tahun 2010.

Semoga menjadi inspirasi bagi rekan-rekan untuk mencintai produk dalam negeri yang kualitasnya ternyata lebih baik dari produk luar negeri.

Tinggalkan Balasan

