Menciptakan “BUDAYA”

Indonesia dikenal sebagai Negara dengan tingkat kebudayaan yang tinggi dikarenakan beraneka ragamnya suku bangsa serta bahasa di Negeri ini. Terpikir dalam benak saya tentang bagaimana terciptanya semua hal itu. Saya bukanlah ahli budaya bukan pula ahli bahasa. Namun, saya selalu mencoba memahami tentang isi dari kehidupan ini. Manusia Lahir kemudian bersosialisasi dengan lingkungan, masuk dalam salah satu suku bangsa dengan modal satu budaya dan satu bahasa yang selanjutnya akan menjadi modal awal kita menjalani kehidupan ini. Jika saya dilahirkan di keluarga suku Jawa, tidak tau saya tentang budaya sunda. Jika saya lahir di England, tidak bisa saya berbahasa Indonesia. Namun, dikarenakan saya lahir dari keluarga Sunda dan hidup di lingkungan itu, maka saya mampu berbahasa sunda dan memiliki kebiasaan layaknya orang sunda lainnya. Namun, pertanyaannya siapakah yang menciptakan Budaya itu? Jawabanya Nenek Moyang kita. Dan knapa ada budaya tersebut? Jawabanya pasti bermacam-macam.

Sekarang kita masuk dalam pemahaman budaya Modern yang mulai masuk ke pelosok negeri. Budaya ini diciptakan oleh “Mereka” dengan tujuan kemudahan atau komersial? hanya “mereka” yang tau presentase nya. Masyarakat modern, yang selama ini sering digambarkan dengan sosok orang bule mampu menciptakan budaya sendiri dan hingga saat ini mampu menyebar ke seluruh dunia. dan pertanyaanya apakah kita mampu menciptakan budaya di Zaman modern ini? Jawabanya bisa mampu dan bisa juga sulit atau bahkan tidak bisa. Tapi optimisti saya mengatakan bahwa kita mampu menciptakan itu semua.

Menurut saya “Budaya adalah sebuah kebiasaan yang selalu dilakukan berulang-ulang hingga menjadi kebiasaan turun-temurun yang selalu diikuti setiap keturunannya”

Tinggalkan Balasan

