Pendidikan Profesi Arsitektur

Ketika mendengar profesi Arsitek banyak orang yang mengungkapkan kata “wah hebat!!!”. Memang, jika saya menilai profesi ini di Luar Negeri atau dengan kata lain di Luar Indonesia profesi ini sangat dihargai karena memang sulit untuk mencapai kata “profesional” di luar sana.

Berdasarkan ketetapan UIA (The International Union of Architect) bahwa untuk seorang lulusan Arsitektur yang ingin menjadi Profesional, Ia harus menjalani beberapa jalur formal diantaranya, Kuliah pada jurusan Arsitektur delama 5 tahun dan magang sekurang-kurangnya 2 tahun pada Arsitek Profesional.

di Indonesia, pendidikan Arsitektur S1 (Strata 1) dapat ditempuh hanya dengan waktu 4 tahun bahkan ada juga yang mampu menempuhnya dengan waktu 3,5 tahun. Hal ini telah menjadi perbincangan bagi para praktisi dunia Arsitektur yang aktif dalam milist IAI. Mereka mengungkapkan bahwa pendidikan profesi di Indonesia belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh UIA.

Menurut mereka, Pendidikan formal Arsitektur di Indonesia harus menambahkan satu jenjang pendidikan untuk mahasiswanya dalam paket perkuliahan yaitu menambahkan pendidikan profesi Arsitek selama 1 tahun. Salah satu Universitas di Indonesia yang telah menerapkan sistem tersebut adalah ITS (Institut Teknologi Sepuluh November)

Semoga Pendidikan Profesi Arsitektur di Indonesia semakin berkembang dengan adanya penetapan peraturan itu. Sehingga Universitas yang mencetak Arsitek tidak hanya mencetak gelar Sarjana Arsitek saja tapi juga mencetak Pemikir handal yang nantinya dapat membangun negeri ini dengan imajinasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s