Yang Manakah Anda? “KIRI” atau “KANAN”

Manusia tidak seperti hewan yang selalu menggunakan insting dalam melakukan setiap pekerjaan. Tapi manusia lebih menggunakan otak dalam melakukan setiap aktiftas. Otak merupakan Satu organ yang membedakan manusia dengan mahluk hidup lain. Dengan otak manusia mampu berfikir untuk menjadi mahluk yang paling sempurna. Dalam otak manusia terdapat berjuta-juta syaraf yang menjadi penggerak tubuh. Ada dua bagian otak yang menjadikan yang menjadi alat manusia untuk berfikir yaitu, otak Kiri dan otak Kanan.

Kedua Otak ini memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengolah setiap kejadian yang terjadi dalam kehidupan. Otak Kiri merupakan otak teoritis yang selalu berfikir sistematis dan mampu mengingat berjuta-juta kata. Dan otak Kanan merupakan otak Kreatif yang menjadi sumber inspirasi kita dalam melakukan aktifitas yang membutuhkan kreatifitas.

Kedua otak ini mampu berkembang secara cepat sesuai dengan latihan yang dilakukannya, sehingga kemampuan otak ini akan sangat berbeda. Artinya, ada manusia yang mampu berfikir sistematis dengan berjubel teori yang bersarang dalam kepalanya, dan ada manusia yang mampu berfikir kreatif danpenuh inovasi serta mampu melakukan segala hal yang menurut teori tidak akan mampu untuk dilakukan. karena tipe orang yang seperti ini pantang menyerah dan mampu melawan teori.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui otak mana yang dominan dalam diri kita?

Ada beberapa cara yang sering dipraktekan dalam usaha mencari tahu otak yang dominan dalam kepala manusia, yaitu:

1. Kepalan Tangan

Kepalkan kedua tangan Anda secara serentak tanpa pikir panjang lagi. Setelah itu perhatikan jempol yang mana yang berada dibagian atas. Jika Jempol Kanan yang berada di bagian atas, berarti anda adalah Si kanan, Namun jika jempol kiri yang berada di bagian atas, berarti anda lebih dominan otak kiri.

2. Silang Tangan

Pada Cara ini, Silakan silang tangan anda seperti pada gambar, dan kemudian perhatikan, posisi mana yang lebih nyaman menurut anda, apakah tangan kanan yang di atas atau tangan mungkin tangan kiri yang di atas. Kasusnya sama jika dominan tangan kanan berarti anda termasuk si kanan dan jika lebih nyaman kiri berada di atas itu tandanya anda si kiri.

3. Lipatan Tangan

Untuk percobaan yang ini. Lipatlah kedua tangan anda di depan, seperti ketika anda mereflesikan keadaan santai. Lalu perhatikan nyamankah anda melipat tangan anda dengan posisi tangan sebelah kiri berada di atas tangan kanan? atau mungkin sebaliknya?. Jika Anda lebih nyaman melipat tangan anda dengan posisi tangan kiri di atas maka anda merupakan si kiri. Namun jika sebaliknya anda adalah si Kanan.

4. Baca Warna/Teks

Masih belum cukup dengan ketiga pembuktian tersebut? sekarang Anda akan Saya bawa ke arah bagaimana anda berfikir. Seberapa cepat refleksi kedua otak anda. Berikut ini terdapat beberapa tulisan tentang warna. Coba perhatikan sejenak.

Silakan Baca Teks semua teks tersebut, Tapi bacalah Kata tersebut sesuai dengan warnanya, bukan membaca kata. Pada test ini anda akan kebingungan dalam membaca, karena otak kanan akan membaca warnanya sedangkan otak kiri akan membaca tulisannya. yang mana yang bisa anda lakukan dengan lancar? membaca tulisankah? atau membaca warna? Jika anda lebih fasih membaca tulisannya, maka otak kiri anda yang dominan. Namun jika anda lebih lancar membacanya berdasarkan warna, maka otak kanan anda yang dominan.

5. Arah Perputaran Siluet

Belum faham dengan keempat cara diatas, ada satu cara yang mungkin akan lebih membingungkan lagi, apalagi ketika anda melihatnya dengan teman anda. Berikut ini terdapat Siluet seorang perempuan yang berputar-putar. perhatikanlah dengan seksama, kemanakah arah putaran siluet tersebut. Apakah searah jarum jam ataukah berlawanan arah dengan jarum jam?

Bagi Anda yang melihatnya perputarannya searah dengan jarum jam, maka anda adalah orang yang dominan menggunakan otak kanan. Namun jika anda melihatnya berputar berlawanan dengan arah jarum jam, maka anda adalah orang yang lebih berfikir dengan menggunakan otak kiri.

Masih belum cukup? Semoga hal ini tidak membuat anda puas, sehingga anda mencari artikel lain yang lebih komplete menjelaskan siapakah anda sebenarnya? Si “KANAN” atau Si “KIRI”. Selamat Hunting…!!!

One thought on “Yang Manakah Anda? “KIRI” atau “KANAN”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s