Akankah ini yang selanjutnya?

“Setelah 2 Jembatan gantung yang ada di kabupaten Lebak mengalami kerusakan atau roboh yang diakibatkan oleh faktor usia. maka ada kemungkinan Jembatan-jembatan di wilayah lain akan menjadi korban selanjutnya jika tidak ada antisipasi yang serius dari pemerintah”

Tahun Lalu, Lebak telah menjadi daerah dengan pemberitaan heboh seputar kepeduliannya akan fasilitas bagi masyarakat. Desa Cicaringing kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak, sempat menjadi pembicaraan di dunia maya (twitter) karena salah satu foto yang diperoleh wartawan salah satu media masa yang menggambarkan pengorbanan beberapa anak Sekolah Dasar (SD) dalam menggapai cita-citanya begitu berat hingga bertaruh nyawa dengan menyebrangi 2 Slink kawat baja yang  tersisa.

Foto : Jembatan Cicaringin by Kompas.com

Dan beberapa hari yang lalu yaitu pada Awal Januari 2012, Lebak telah berhasil menghebohkan Dunia dengan kasus yang sama, yaitu robohnya Jembatan sepanjang 100 meter di daerah sungai ciberang Kampung Ciwaru, Desa Sangiang Tanjung, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak. Foto ini diberitakan di Media Online Internasional sebagai cerita nyata sang Indiana Jones yang rela menyebrangi jembatan yang hampir roboh hanya untuk mencari harta karun.

Dan Mungkinkah setelah ini ada lagi yang akan mengalami hal serupa?

Dalam Pemikiran saya, ada kemungkinan bahwa Salah satu jembatan yang menjadi akses wisata pantai di Lebak akan mengalami hal serupa jika tidak ada tindakan pencegahan dari pemerintah setempat. Jembatan Sawarna, merupakan salah satu akses wisata yang relatif ramai, dilewati oleh alat berat seperti kendaraan bermotor hingga rombongan wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Tanjung Layar dan Ciantir.

Foto : Jembatan Sawarna

Memang benar ini adalah icon sawarna, yang menjadi ciri khas wisata sawarna. Namun, apakah sebuah icon itu boleh menjadi membahayakan?. Saya rasa tidak!. Sebuah Icon merupakan sebuah keagungan atau sesuatu yang bisa bertahan lama. Jika Jembatan itu malah membuat beberapa wisatawan merasa ketakutan ketika berkunjung ke tempat tersebut apakah itu menguntungkan?. Tidak!!!…Itu malah bisa merugikan.

Lalu tidak bisakah Jembatan ini seperti ini?

Foto : Jembatan

Atau seperti ini?

Foto : Jembatan Merah Kebun Raya Bogor

 

Lebih baik kita tunggu saja reaksi pemerintah, bagaimanakah mereka akan meng-upgrade jembatan tersebut, kita jangan muluk-muluk jembatan itu dapat dibangun dengan konstruksi megah seperti ini

Foto : Sistem Konstruksi Jembatan Gantung

Tapi setidaknya kita hanya membutuhkan Jembatan yang tidak menggantikan Icon Sebelumnya (Jembatan Gantung) dan memiliki sistem konstruksi yang baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s